Rabu, 23 November 2016

Kopi : Antara Tradisi dan Gaya Hidup

Oleh

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari Kepulauan kurang lebihnya 17.380 pulau-pulau, Indonesia juga termasuk dalam lintasan garis khatulistiwa sehingga dengan kondisi iklim yang tropis membuat tanaman mampu hidup dan menghasilkan buahnya dengan baik. Negara dengan notabene kelebihan alam pasti akan menguntungkan masyarakat itu sendiri mulai dari sektor hilir hingga hulu, hampir semua dapat di manfaatkan dengan baik hasil alam di Indonesia tinggal butuh polesan SDM yang mumpuni di bidang - bidangnya. 

SDA Indonesia tidak di ragukan lagi kualitasnya banyak yang di ekspor mulai dari Aceh sampai Papua antara lain kelapa sawit, buah pala, cengkeh, tembakau, migas, hasil laut (rumput laut, ikan, mutiara), rempah-rempah, jahe, kopi, dan masih banyak hasil SDA lain yang tidak disebutkan. Dalam hal ini yang menarik untuk di diskusikan dari hasil SDA adalah kopi dengan daya tarik yang tinggi hampir semua lapisan masyarakat belahan dunia manapun menikmati yang namanya olahan kopi menjadi secangkir kopi.

Kopi adalah tanaman yang hidup dan berkembang baik di daerah dataran tinggi dengan mampu berbuah mulai dari umur rata-rata 4 sampai dengan 9 tahun dengan ketinggian pohon 400 M - 800 M. Sejauh yang saya ketahui kopi banyak di olah dalam bentuk minuman adapun kosmetik namun masih kecil sektornya. Berikut kandungan racikan secangkir kopi sebagai bahan menambah khazanah teman-teman pembaca, amatir lain sebagai berikut:
  1. Kafein, kafein diklasifikasikan sebagai drug dan diakui aman dalam dosis tertentu, melebihi dosis yang ditentukan akan menyebabkan ketergantungan, dalam konsumsi yang sudah menahun kafein dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti kanker dan masalah gangguan tidur.
  2. Air, dengan bahasa kimianya H2O,
  3. Ethyphenol, Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.
  4. Quinic Acid, rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.
  5. Dicaffeoylquinic Acid, zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan didalam biji kopi tidak sebanyak tumbuhan obat lain, namun kopi adalah salah satu suplayer antioksidan paling banyak dikonsumsi didunia.
  6. Dimethyl Disulfide, pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.
  7. Acetylmethylcarbinol, zat yang satu ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega.
  8. Putrescine,zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.
  9. Trigonelline, zat yang satu ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, meski kadang seorang peminum kopi agak hitam gigi nya, namun zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.
  10. Niacin, Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.
Buat Anda penikmat kopi sejati alangkah baiknya dengan memulai satu gelas di pagi hari siang atau sore hari satu gelas dan di sarankan paling banyak mengkonsumsi kopi yakni 3 cangkir sehari.

Buat kamu yang punya riwayat sakit magg atau asam lambung yang berlebihan, kopi itu tidak berbahaya cukup di hindari saja dengan mengkonsumsi minuman yang lain. Namun jika sudah terlanjur jatuh cinta dengan kopi sementara penyakitan ya di siasati dengan perut tidak dalam keadaan kosong sehingga zat asam dari dalam kopi memperparah lambung Anda. Tidak di sarankan jg bagi Anda yang punya penyakit jantung, bahaya bisa modal boss.

Kopi yang baik di minum dengan sedikit gula agar tidak diabetes tentunya dan ikatan senyawa kimia antara kopi gula dapat menjadi buruk bagi kesehatan.
Semoga bermanfaat ya guys


#gangopigagaul #ngopiguys #sahabatkopi #kupiAceh

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Aceh Singkil Berkarya
Maira Gall